Rabu, 07 September 2011

Mengenal Sticker Outdoor

Agar Konsumen lebih mengenal apa dan fungsi Sticker Outdoor, Cutting Sticker Malang mempublishnya untuk Anda, info hubungi 0341 348 799

Sticker Outdoor adalah sticker yang dapat diaplikasikan di luar ruang, arti dapat disini adalah sticker tersebut tahan terhadap air dan sinar matahari. Dilihat dari bahan sticker maka yang termasuk sticker outdoor adalah bahan Vinyl, yaitu bahan semacam plastic tipis yang tidak bisa disobek seperti kertas dan tidak rusak atau memet jika kena air. Dilihat dari segi tintanya maka yang disebut sticker outdoor adalah sticker yang dicetak menggunakan tinta anti air dan uv, tinta jenis ini biasanya termasuk tinta berbasis solvent atau minyak contohnya tinta eco-solvent atau solvent yang paling banyak dipakai dalam dunia digital printing.

Cara pembuatan sticker outdoor terdiri dari berbagai cara diantaranya Sablon, print menggunakan printer large format atau cetak offset. Semua cara cetak tersebut memiliki proses yang berbeda tapi memiliki satu kesamaan yaitu bahan yang digunakan adalah Vinyl dan tintanya menggunakan tinta berbasis solvent yang tahan air dan uv. Jadi saya harap disini pembaca bisa memahami bahwa cara apapun bisa dilakukan membuat sticker outdoor, yang perlu diperhatikan adalah bahan dan tintanya. Karena disini saya lebih konsen ke bidang digital printing maka saya hanya akan membahas dari cara digital print atau print menggunakan printer large format.


Sticker Outdoor tidak dapat dibuat / dicetak dengan menggunakan Printer Dekstop hal ini dikarenakan tinta yang dipakai printer desktop adalah tinta dye atau pigment yang daya tahannya terhadap air dan sinar UV sangat rendah apalagi jika tidak kita laminasi. Walaupun ada jenis Vinyl yang bisa diprint menggunakan printer desktop tapi jika tintanya tidak anti UV dan air maka sticker anda tetap saja akan luntur.

Printer Dekstop tidak bisa di isi dengan tinta berbasis Solvent karena umumnya tinta berbasis solvent sifatnya keras dan korosif yang mana akan merusak printhead dari printer desktop yang umumnya dibuat dari bahan plastic yang tidak tahan terhadap korosi solvent.

Umumnya sticker outdoor lebih cepat rusak karena goresan atau gosokan…jika sticker kita taruh atau tempelkan di tempat yg aman dari goresan atau gosokan maka dia akan lebih awet akan tetapi jika kita taruh ditempat sebaliknya maka sticker akan mudah rusak. Untuk mengatasinya anda dapat memberikan laminasi atau coating terhadap sticker tersebut. Laminating biasanya menggunakan plastic bening tipis, sedangkan coating menggunakan cairan penguat yang disemprotkan langsung ke sticker tersebut.
Sekian dulu tentang sticker outdoor…nanti kalo ada waktu kita sambung lagi..semoga bisa memperjelas bagi kita semua…trimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar