Senin, 12 September 2011

Apa itu Sticker Digital?

Cutting Stiker Malang kali ini membahas tentang sSticker Digital, mulai definisinya, kelebihannya dan lain-lain. Siapa tahu berguna untuk Anda.

Sticker digital adalah sticker yang dicetak menggunakan mesin cetak digital. Sticker digital memiliki kelebihan dibandingkan sticker sablon atau offset sebagai berikut :
  1. Warna tidak terbatas, bisa gradasi, bisa full color, bisa cetak photo
  2. Bisa cetak dalam berbagai ukuran dan jumlah. Misal dalam ukuran kertas A4 kita bisa mencetak 10 macam jenis gambar dengan berbagai ukuran.
  3. Proses cetaknya sangat mudah. Anda tinggal mendesign sticker menggunakan software seperti corel, photoshop, ilustrattor, freehand, dll kemudia cetak menggunakan mesin cetak digital.
  4. Hasil cetakan bisa mencapai resolusi photo sehingga sticker akan lebih keren.
  5. Waktu pengerjaan jauh lebih singkat dan cepat dibandingkan metode sablon manual atau offset.
Kalo ada kelebihannya pasti ada kekurangannya, ini beberapa kekurangan sticker digital dan pemecahannya :
  1. Hasil cetakan tidak sekuat sablon manual, rata-rata umur sticker digital adalah 1 tahun. Jika anda menginginkan umur yang lebih panjang maka gunakan tinta atau toner yang berkualitas (original lebih disarankan) dan pastikan tinta yang anda gunakan adalah tinta yang tahan air dan bisa digunakan untuk outdoor seperti tinta solvent, ecosolvent, latex, mild solvent dan sebagainya. Selain tinta yang bagus untuk memperkuat daya tahan sticker digital maka anda bisa melakukan laminasi, laminasi selain mereduksi sinar uv yang bisa membuat tinta buram juga melindungi sticker digital dari air, zat kimia, goresan dan berbagai kontak yang bisa merusak gambar sticker. Satu lagi yang harus anda perhatikan dalam hal ini adalah bahan, tentunya jika anda menginginkan sticker yang awet gunakanlah bahan yang berkualitas semisal vinyl atau sintetic paper yang memang tahan panas dan air, jangan menggunakan sticker hvs, sticker kromo untuk keperluan outdoor.
  2. Hasil cetakan tidak sehalus sablon manual atau offset, masalah ini sebenarnya bukan karena metodenya tapi lebih dikarenakan mesin cetak digital yang kita pakai. Sticker digital pada umumnya harus dicetak dalam resolusi tinggi sehingga mesin yang kita gunakan juga harus memiliki resolusi tinggi seperti ROLAND, MIMAKI, MUTOH dan atau FUJIXEROX. Sebagai catatan hasil cetakan sticker digital mampu sehalus dan setajam offset ataupun sablon manual, sekali lagi hal ini ditentukan oleh mesin dan operator.
  3. Harga lebih mahal dibandingkan metode sablon manual atau offset, kalo kita pikir wajar dong harganya lebih mahal karena prosesnya lebih mudah dan hasilnya sangat bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar